Renanda Tedyanto, Intern

Maria Dianira, Intern
Isabela Ferenita, Intern

A DAY IN THE  FRESHMINDS LIFE OF

Renanda Tedyanto, Intern

Satu Hari Bersama Freshminds Indonesia

Renanda Tedyanto,  bekerja sebagai Learning Composer Intern di Freshminds.

6.45

*Alarm berbunyi* Melihat jam membuat saya ingin kembali tertidur

7.00

Saya pun bergegas untuk mandi. Hari ini saya tidak boleh terlambat karena harus mengikuti meeting dengan klien.

7.30

Oh tidak, terlalu lama bersiap-siap, saya harus minta Ayah untuk segera mengantarkan ke stasiun kereta api dengan naik motor supaya lebih cepat sampai.

7.40

Beruntung masih sempat mengejar kereta yang hampir tertutup. Dimana rekan kerjaku? Kami biasa berjanji untuk bertemu di gerbong sembilan.

7.55

Kami sudah selesai membeli sarapan di stasiun dan bergegas memesan kendaraan melalui aplikasi daring.

8.00

Kami sudah tiba di kantor. Sambil menunggu rekan kerja lainnya, kami menikmati sarapan yang tadi dibeli. Setelah semua berkumpul, kami pun bersiap-siap pergi menuju lokasi meeting. 

8.30

Setibanya di lokasi, kami pun menuju ruangan yang sudah ditentukan. Beberapa hari sebelumnya, tim sudah mempersiapkan hal-hal yang diperlukan untuk update progress. Kebetulan, pada saat itu, saya sedang mengikuti program internship di Freshminds. Saya turut serta dalam penyusunan learning catalog untuk rencana pengembangan karyawan di salah satu perusahaan asuransi Indonesia. Beberapa hari sebelumnya, saya dan rekan kerja lain sudah berdiskusi untuk membuat penyusunan learning catalog  yang efektif dan efisien. Kami juga harus beberapa kali lembur untuk menyelesaikannya.

9.00

Meeting dibuka dengan presentasi yang menjelaskan konsep awal program pembelajaran yang dirancang. Pada sesi tersebut, saya dan buddy bertugas sebagai notulen.

Kami merasa mendapatkan banyak ilmu untuk pribadi kami dan mendapatkan gambaran yang lebih konkret terkait praktik sebagai konsultan HR di lapangan. Sesi ini diakhiri dengan diskusi terkait konsep awal yang sudah direncanakan kepada klien.

13.00

Setelah makan siang, sesi kedua dilanjutkan dengan presentasi secara berkelompok kepada para subject matter expert terkait konten learning catalog yang sudah disusun.

14.00

Proses diskusi beejalan cukup lama karena para subject matter expert  perlu terlebih dahulu memahami alasan digabung atau dipisahnya satu konten dengan konten pembelajaran lainnya.

Saya sebagai salah satu orang yang turut terlibat dalam proses penyusunan sebelumnya pada dasarnya memahami alasan-alasan tersebut. Namun, pada saat itu, saya belum berani mengeluarkan opini pribadi karena status saya sebagai karyawan internship.

Jadi, saya menyampaikan opini tersebut kepada salah satu anggota tim. Sampai akhirnya salah satu SME bertanya kepada saya, sehingga saya harus menjelaskannya kepada mereka.

Jawaban yang saya berikan kemudian mendapat respon positif dari klien. Pada saat itu, mulai muncul keberanian untuk turut terlibat dalam proses diskusi tersebut.

19.00

Akhirnya, proses diskusi sudah selesai dilakukan walaupun sudah melebihi rundown.

Ada beberapa hal yang masih perlu direvisi melalui diskusi panjang tadi. Namun, secara keseluruhan proses penyusunan learning catalog semakin mengarah pada hasil yang baik. Walaupun masih ada banyak hal yang perlu saya pelajari, menyuarakan opini pribadi merupakan sebuah kesempatan untuk mengembangkan diri.

Melalui keberanian tersebut, saya diberikan kesempatan untuk dapat terlibat lebih jauh dalam proses penyusunan learning catalog.

Terima kasih Freshminds karena sudah memberikan kesempatan tersebut kepada saya.

Menu
Hartono Zhuang
Direktur

Freshminds Indonesia was started by Hartono Zhuang that supported from various expertise. Freshminds was established in Singapore since 2006. Operates mainly in Indonesia, with some foreign clients in Japan (2007-2012). 

Hartono Zhuang is a Chemical Engineering Institute of Bandung cum laude graduate in 1997 and a Master of Business Administration (MBA) of National University of Singapore as well as Lausanne University Switzerland in 2002.

Hartono Zhuang’s experiences before starting Freshminds Indonesia:
• AXA Financial Services Singapore
• Strategic Sourcing Specialist RGM Group Singapore
• Health & Safety Manager Procter and Gamble (P&G)
• Production Manager Procter and Gamble (P&G)
• Dow Chemical
• Certified Professional in Learning and Performance  (CPLP from ATD in 2015)