Petunjuk Pengisian Lembar Validasi

Penjelasan template lembar validasi pimpinan unit kerja

Contoh pengerjaan lembar validasi pimpinan unit kerja

Preview ABK BPJS Kesehatan 2021

Apa itu Analisis Beban Kerja? Mengapa Analisis Beban Kerja perlu dilakukan? Apa keuntungannya bagi saya? Simak jawabannya di video ini.

ABK BPJS Kesehatan 2021 memiliki banyak manfaat bagi organisasi maupun pegawai. Mengapa ABK BPJS Kesehatan kembali dilakukan pada tahun 2021? Apa peran saya dalam ABK 2021? Simak jawabannya di video ini.

Instruksi Pengerjaan Lembar Kerja

Bagaimana cara pengisian Lembar Kerja ABK? Video ini akan membantu Anda memahami bagian-bagian dari LK ABK dan cara pengisiannya.

Survey Profil Beban Kerja merupakan bagian dari rangkaian Analisis Beban Kerja BPJS Kesehatan tahun 2021. Video ini akan membantu Anda memahami isi dari survey dan cara pengerjaannya.

FAQs

FAQ Technical

Anda dapat melakukan refresh page dan melakukan pengisian kembali.

Anda dapat mencoba refresh page dan melakukan pengisian kembali. Jika upaya tersebut tidak berhasil, silakan menghubungi PIC unit kerja Anda.

Mungkin terdapat kesalahan teknis pada form Anda, tetapi hal ini tidak akan memengaruhi pengisian LK ABK Anda secara keseluruhan. Anda dapat segera melanjutkan pengisian dengan menekan tombol ‘Next’ berulang kali hingga muncul halaman yang baru.

  • Cobalah melakukan refresh page,
  • Gunakan browser lain untuk mengirimkan kembali data Anda (pastikan data telah tersimpan sebelumnya). Contohnya, pada percobaan pertama Anda menggunakan Google Chrome, lalu muncul tanda error. Anda dapat mencoba me-refresh halaman tersebut. Jika halaman masih error, cobalah gunakan browser lain seperti Internet Explorer atau Mozilla Firefox.
  • Lakukan pengecekan apakah data yang di-submit sudah terekam, melalui fitur Tracking. Perlu diketahui bahwa pada umumnya membutuhkan waktu 15-30 menit sampai data tracking ter-update,
  • Jika tanda error tetap ada dan data belum tercatat, laporkan melalui Form Pengaduan.

Anda dapat mencoba melakukan tracking berdasarkan beberapa hal, yaitu a) wilayah atau lokasi kerja, b) unit kerja, ataupun c) NPP. Anda dapat mencoba melakukan pencarian berdasarkan ketiga opsi tersebut.

  • Proses update halaman tracking membutuhkan waktu 15-30 menit. Anda dapat mencoba untuk melakukan tracking kembali di lain waktu.
  • Jika sudah menunggu proses update halaman tracking tetapi status belum berubah, Anda dapat melaporkan melalui Form Pengaduan dengan menyertakan NPP, Nama, Jabatan, perkiraan waktu pengisian, serta bukti screenshot penyelesaian pengisian.

Video tutorial dapat Anda lihat pada halaman ini, di bagian Instruksi Pengerjaan Lembar Kerja.

Silakan melakukan refresh page, lalu klik kembali pada tombol play. Jaringan atau koneksi internet Anda juga mungkin berpengaruh.

Link form yang sudah Anda isi sebagian akan dikirimkan melalui email, Anda dapat menggunakan link tersebut untuk melanjutkan pengisian.

Jika muncul menu sign-in email, gunakan email yang Anda pilih ketika menyimpan pekerjaan Anda sebelumnya. Sistem akan mengirimkan email berisi link untuk melanjutkan pengerjaan.

Maaf, data Anda tidak tersimpan di dalam sistem dan harus mengulang kembali dari awal.
Mohon untuk menyimpan pengisian Anda sebelum meninggalkan halaman. Untuk berjaga-jaga, Anda dapat menekan tombol ‘Save’ sesering mungkin.

Anda masih bisa mencoba menghubungkan kembali perangkat dengan Internet, proses pengerjaan yang belum di ‘Save’ tidak hilang selama Anda tidak menutup atau me-refresh halaman. Untuk berjaga-jaga, Anda dapat menekan tombol ‘Save’ sesering mungkin.

Anda dapat melakukan refresh page. Hal ini dapat dipengaruhi oleh koneksi atau jaringan internet Anda. Jika hal ini masih belum berhasil, Anda dapat menghubungi PIC pada unit kerja Anda.

Umumnya memang membutuhkan waktu untuk memunculkan data ini. Jika sudah terlalu lama menunggu, Anda dapat melakukan refresh page dan melakukan pengisian kembali. Jika belum berhasil, Anda dapat menghubungi PIC pada unit kerja Anda.

Anda dapat menghubungi PIC pada unit kerja Anda.

Hal ini dapat dipengaruhi jaringan/koneksi internet Anda. Anda dapat melakukan refresh page dan melakukan pengisian kembali. Perlu diketahui jika Anda belum pernah menyimpan data sebelumnya, data yang telah Anda isikan berpotensi hilang setelah di-refresh. Untuk berjaga-jaga, Anda dapat menekan tombol ‘Save’ sesering mungkin.

Pilih tombol ‘Back’ di kiri bawah untuk kembali ke halaman sebelumnya. Setelah itu, pilih tombol ‘Next’ di kanan bawah untuk memuat kembali halaman tersebut.

Jika Anda sudah pernah menyimpan data pekerjaan Anda sebelumnya, Anda juga dapat melakukan refresh page.

Jika tidak terdapat tombol ‘Back’ (pada Survey Profil Beban Kerja), silakan refresh page.

Anda dapat mengisi dengan data yang sama, lalu tambahkan di bagian catatan “Aktivitas ini sudah ada di halaman sebelumnya”.

Tidak masalah, selama data sudah terkirim. Anda dapat melaporkan ke PIC unit kerja untuk memastikan data Anda telah diterima.

Anda akan menilai tugas/jabatan yang sebelumnya. Meskipun demikian, Anda tidak perlu merasa  bingung atau khawatir karena lembar kerja yang diberikan kepada Anda sudah disesuaikan dengan kondisi tersebut.

Sebaiknya Bapak/Ibu selalu menyimpan (Save) pekerjaan Bapak/Ibu sebelum terjadi error dalam bentuk apapun. Jika terdapat aktivitas yang tidak muncul, segera screenshot atau print screen  halaman tersebut, dan sampaikan kepada PIC unit kerja. Sambil menunggu, Anda dapat mengisi seluruh kolom isian pada aktivitas tersebut dengan ‘0’ lalu melanjutkan pengisian pada aktivitas/ kelompok aktivitas lainnya. Anda juga dapat mengerjakan pengisian lembar kerja berikutnya (jika ada).

Anda dapat mencoba menggunakan browser atau perangkat lain. Jika Anda tetap mengalami kesulitan, Anda dapat menyampaikannya kepada PIC unit kerja Anda.



Jika halaman sudah di Submit, maka anda perlu mengisi form kembali dari awal. Harap memeriksa terlebih dahulu jawaban Anda sebelum mengirimkan jawabannya.



FAQ LK ABK

Silakan tuliskan pada bagian Aktivitas Tambahan. Tambahkan pula pada bagian ‘Catatan’ keterangan mengenai sumber tugas tersebut. Contoh: DJP Jabatan lain yang belum diisi oleh staf.

Jika aktivitas yang Anda maksud berasal dari DJP Anda, maka Anda dapat memasukkan durasi rata-rata yang Anda butuhkan untuk penyelesaian aktivitas tersebut. Pada bagian frekuensi, Anda dapat mengisi jumlah pengerjaan aktivitas dengan satuan frekuensi terdekat.

Jika aktivitas tersebut di luar dari DJP Anda (misal proyek, tugas tambahan, dll) Anda dapat mengisinya pada bagian Aktivitas Tambahan setelah Anda menyelesaikan pengisian aktivitas rutin Anda.

Pilih salah satu faktor yang menurut Anda paling memengaruhi durasi pengerjaan aktivitas tersebut. Anda dapat menambahkan informasi faktor lain pada bagian ‘Catatan’.

Anda dapat memilih salah satu faktor yang paling mendekati. Setelah itu, tuliskan jawaban sesungguhnya pada bagian ‘Catatan’.

Anda dapat mengisi ‘Waktu Pengerjaan’ dan ‘Frekuensi Pengerjaan’ dengan ‘0’
‘Unit Frekuensi’ bisa Anda isi dengan ‘Hari’
‘Catatan’ bisa Anda isi dengan ‘Aktivitas ini tidak saya lakukan’

Bagian ‘Catatan’ tidak wajib untuk dituliskan. Anda dapat mengosongkannya, atau mengisinya dengan penjelasan data yang sudah Anda isi per aktivitas.

Ya, benar. Aktivitas sudah ditentukan berdasarkan DJP, ProOps, dan hasil review oleh business process owner. Jika ada aktivitas reguler lain yang Anda lakukan namun belum tercakup, Anda dapat menambahkannya pada akhir Bagian I : Aktivitas Reguler. Atau jika aktivitas tambahan bukanlah aktivitas yang rutin, Anda dapat menambahkan pada Bagian 2 : Aktivitas Tambahan.

Jika ada aktivitas reguler yang sudah tidak dilakukan, Anda dapat mengisinya dengan ‘0’ pada durasi dan frekuensi.

FAQ Survey Beban Kerja

Tenggat waktu yang dimaksud merupakan waktu yang tersedia bagi Anda untuk menyelesaikan aktivitas pekerjaan.

Proses berpikir berarti konsentrasi, perhatian, proses perencanaan, dan analisis yang perlu Anda kerahkan untuk penyelesaian aktivitas pekerjaan.

Tekanan psikologis mencakup kebingungan, kecemasan, pertimbangan terhadap risiko, ketegangan, dan frustrasi yang Anda rasakan atau alami ketika penyelesaian aktivitas pekerjaan.

Anda dapat memberikan penilaian berdasarkan pikiran dan perasaan Anda terhadap aktivitas tersebut secara umum.

Anda dapat memilih pilihan ‘Lainnya’. Setelah itu Anda dapat menuliskan faktor atau alasan yang sesuai.

Anda dapat memilih salah satu faktor yang paling mendekati. Setelah itu, tuliskan jawaban sesungguhnya pada bagian ‘Catatan’.

Anda dapat memilih semua pilihan yang sesuai. Jika ada faktor atau alasan lainnya, Anda juga dapat memilih pilihan ‘Lainnya’ dan menuliskan jawaban Anda.

Hartono Zhuang
Direktur

Freshminds Indonesia was started by Hartono Zhuang that supported from various expertise. Freshminds was established in Singapore since 2006. Operates mainly in Indonesia, with some foreign clients in Japan (2007-2012). 

Hartono Zhuang is a Chemical Engineering Institute of Bandung cum laude graduate in 1997 and a Master of Business Administration (MBA) of National University of Singapore as well as Lausanne University Switzerland in 2002.

Hartono Zhuang’s experiences before starting Freshminds Indonesia:
• AXA Financial Services Singapore
• Strategic Sourcing Specialist RGM Group Singapore
• Health & Safety Manager Procter and Gamble (P&G)
• Production Manager Procter and Gamble (P&G)
• Dow Chemical
• Certified Professional in Learning and Performance  (CPLP from ATD in 2015)